Saung Angklung Udjo, Saung Seni Sunda



Salah satu kesenian khas Sunda yang terkenal adalah angklung, sebuah alat musik sederhana yang terbuat dari bambu, tapi dapat menghasilkan aneka nada yang indah didengar. Di Bandung, kita bisa menikmati pertunjukan angklung sekaligus melihat bengkel kerajinannya di Saung Angklung Udjo. Saya berkesempatan mengelilingi kawasan ini bersama Kang Badrus dari bagian Media SAU.
Saung Angklung Udjo didirikan tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena (Alm.). Saat ini Saung Angklung Udjo masih sering mengadakan pertunjukan internal maupun eksternal. Saat saya berkunjung, sekelompok anak terlihat sedang berlatih memainkan sebuah lagu. “Ini anak-anak yang lagi latihan. Pemainnya ada yang seumuran saya, ada yang di atas 30 tahun malah. Yang umur 18 tahun juga ada, bahkan dari umur 3 tahun ada yang udah berlatih di sini,”jelas Kang Badrus.
Sebagai salah satu bengkel kebudayaan khas Sunda, Saung Angklung Udjo terbagi menjadi tiga bagian, panggung pertunjukan, pusat kerajinan bambu, dan tempat pembuatan instrumental bambu. “Seluruh angklung yang digunakan untuk pertunjukan diproduksi sendiri di sini,”kata Kang Badrus.
Di bagian belakang panggung, terdapat sentra pembuatan angklung. Di sini, kita bisa menyaksikan bagaimana proses pembuatan angklung mulai dari pemotongan bambu hingga menjadi sebuah angklung yang siap dimainkan. Tidak hanya angklung, sentra pembuatan ini juga membuat rangka, tempat angklung-angklung diletakkan.
Salah seorang pengrajin angklung yang berhasil saya wawancara adalah Pak Rahmat. Beliau sudah 33 tahun bekerja di Saung Angklung Udjo. Menurut beliau, sebagian angklung yang diproduksi di Saung Angklung Udjo digunakan untuk pertunjukan dan sebagian untuk dijual ke luar. Dengan jumlah karyawan sekitar 60 orang, sentra pembuatan angklung Saung Angklung Udjo mampu menghasilkan angklung, calung, dan arumba.
Pertunjukan reguler di Saung Angklung Udjo diadakan setiap hari mulai pukul 16.00. Satu kali pertunjukan biasanya menyajikan permainan angklung dan beberapa tarian khas Sunda. Tidak hanya turis domestik, turis mancanegara pun banyak yang menyaksikan pertunjukan reguler ini. Hanya dengan mengeluarkan biaya Rp 50.000,00, kita sudah bisa menikmati pertunjukan yang berlangsung selama dua jam. Untuk pengunjung yang masih duduk di bangku kuliah dan dapat menunjukkan KTM, mereka bisa menyaksikan pertunjukan hanya dengan biaya sebesar Rp 35.000,00.
Selain panggung pertunjukan dan bengkel bambu, Saung Angklung Udjo memiliki beberapa fasilitas lain untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Salah satunya adalah pusat cinderamata, yang menyajikan aneka oleh-oleh khas Saung Angklung Udjo. Di sini, kita bisa membeli cinderamata yang beragam, mulai dari gelang-gelang kayu, kalung, gantungan kunci, tas, hingga kaos bertuliskan Saung Angklung Udjo. Aneka pajangan yang terbuat dari bambu juga tersedia di sini. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan pajangan angklung dengan berbagai ukuran di sini.
Saung Angklung Udjo memang cocok menjadi salah satu tujuan wisata kesenian.. Seperti Kike, salah seorang pengunjung dari Jakarta yang sengaja datang ke Saung Angklung Udjo untuk melihat pertunjukan angklungnya sekaligus membeli alat musik tersebut. “Tempat ini sangat bagus, cocok untuk orang yang suka seni. Datang ke tempat ini bisa mendamaikan hati karena suasana di sini juga sejuk banget,”ungkap Kike.
Ayo cintai kebudayaan negeri sendiri mulai dari sekarang!
[ Reta Yudistyana / 210110080164 ]
5 Responses
  1. Unknown Says:

    wah yang ini mah udah terkenal lah yaaa..
    sudah eksis dimana-mana..

    saya sendiri belom pernah berkunjung. cuma pernah lewat doang beberapa kali..

    temen saya yg mau students exchange keluar negeri dapet satu set angklung dari saung udjo.. ceunah tinggal ngasih proposal aja..
    mudah2an gaungnya kedengeran ampe luar negeri.. :)


  2. main2 atuh ke sini.adem loh tempatnya.hehe
    wah, dapet satu set angklung? asik yaa :D
    iyaa, semoga angklung kita bisa kedengeran gaungnya sampai ke luar negeri :)


  3. Anonim Says:

    wah saung angklung ujo. udah pernah lewat, dekat dengan rumah kawan saya, tapi selama saya tinggal di bandung, saya belum pernah menginjakan kaki atau pun sekedar memainkan ekor mata mengelilingi isinya. lain kali barangkali. dari tulisan ini, saya bisa menangkap apa saja yang ada di saung angklung. tulisannya udah cukup bagus walaupun deskripsi tentang posisi tempat, warna, ornamen-ornamen khas di dalamnya belum padet, tapi tulisan ini sudah menarik. nice reta. keep writing and searching.


  4. Saya sudah ke sana waktu semester dua, sekarang saya semester empat. Dalam rangka kuliah Apresiasi seni.
    Yap! Seperti yang telah diungkapkan oleh saudari Reta, Saung Angklung Udjo sangat concern sekali terhadap pelestarian budaya. Khususnya dalam hal ini seni sunda. Ada yang patut dibanggakan dari SAU (singkatan resminya) ini ialah menjadi tempat satu-satunya untuk pembuatan angklung (dan alat kesenian dari bambu lainnya)yang terdengar syahdu.
    (*tadinya mau bercerita panjang lebar ttg SAU ini)
    Komen untuk POST ini :
    Tulisannya bagus, tapi satu yg kurang : Alamat dari SAU sendiri tidak dicantumkan. Karena agak gantung mendengar : "tempat ini sangat bagus untuk yang suka seni", nah untuk pembaca yang suka seni, tapi tak ada alamatnya jadi gantung.


  5. uci Says:

    SAU udah terkenal.
    awal tahu tentang ini sih dari tivi.
    tapi gw sendiri belum pernah mampir. hehe.
    nanti kalo ada kesempatan pengen deh mampir kesana.
    siapa tau di kasi se set angklung juga. :)
    kan lumayan buat di pajang di kostan (soalnya ga bisa mainin nya)

    Kasih tulisan lain mengenai seni lagi doong reta.
    tentang kesenian jawa, bali,minangkabau, dan lain-lain.

    mari lestarikan budaya kita.
    :)


Posting Komentar